Air Parit Meluap, Pemukiman di Kelurahan Sidomulyo Barat Kota Pekanbaru Tergenang

Banjir-Pekanbaru24.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru sejak Rabu, 21 Februari malam hingga Kamis 22 Februari 2024 dini hari menyebabkan air menggenangi sejumlah kawasan.

Banjir belum kunjung surut seperti terlihat di Kelurahan Sidomulyo Barat, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru. Satu perumahan yang terdampak banjir yakni Perumahan Mutiara Purwodadi di Jalan Datuk Tunggul.

Air dari parit di Jalan Datuk Tunggul pun meluap sehingga menggenangi pemukiman itu. Banjir tidak hanya menggenangi ruas jalan, namun juga masuk ke dalam rumah warga dengan ketinggian hampir setengah meter.

Warga mengeluhkan banjir yang melanda setiap hujan deras mengguyur kota. Menurut kesaksian warga, kondisi air meluap dari parit sudah sering terjadi.


"Bukan sekali dua kali, tapi setiap hujan deras mengguyur, kalau parit meluap, pasti banjir sampai ke dalam rumah," ungkap Rauda, warga setempat.

Dirinya berharap ada solusi atas permasalahan banjir yang terjadi beberapa tahun ini. Ia menilai mestinya pemerintah setempat bisa melakukan perbaikan terhadap parit dekat permukiman.

Banjir juga menggenangi sejumlah pemukiman lainnya, seperti di Griya Nusantara. Air yang meluap menggenangi seluruh jalan di kawasan tersebut. Banjir juga melanda ruas Jalan Paus dan Jalan Soekarno-Hatta.