BPBD Klaim Kota Pekanbaru Sudah Aman dari Banjir

Banjir-di-pattimura-pekanbaru2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, memastikan tidak ada lagi wilayah Pekanbaru terdampak banjir. Hal tersebut diungkapkan Kasi Kedaruratan BPBD Kota Pekanbaru, Suhendri.

Ia mengatakan, berdasarkan pantauan pada Kamis, 8 Februari 2024, tidak ada lagi wilayah Pekanbaru tergenang banjir. Adapun sebagian wilayah yang masih tergenang air lantaran berada di dataran rendah.

"Rata-rata sudah zero (kawasan banjir), kecuali ada beberapa dataran yang rendah. Kalaupun ada, itu pun cuma kurang lebih ketinggiannya 15 cm," paparnya.

Dirinya menilai, pasang surut air Sungai Siak kini tidak terlalu tinggi. "Alhamdulillah dari kondisi monitor anggota sudah aman. Mudah-mudahan pasang surut sungai tidak terlalu tinggi," ujarnya.


Meski banjir sudah kembali normal, pihaknya masih melakukan antisipasi di lokasi rawan banjir. Pihaknya tetap menyediakan tenda di beberapa lokasi rawan untuk penanggulangan bencana.

"Sebagian sarana prasarana masih di lokasi. Tapi sebagian sudah bisa diambil," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, warga Kota Pekanbaru terdampak banjir jumlahnya mencapai 3.000 lebih. Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengatakan, proses penyaluran bantuan bagi warga terdampak banjir terus berlanjut. 

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti BPBD, Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Sosial, juga terus menghimpun data warga terdampak banjir. Pemko Pekanbaru juga menerima bantuan dari berbagai pihak untuk disalurkan kepada warga terdampak banjir.

Mereka memastikan bantuan yang disalurkan merata kepada warga yang terdampak banjir. Apalagi warga terdampak banjir menyebar di sejumlah kecamatan.