Kapolda Riau Ajak Gen Z Gunakan Hak Pilih dengan Hati Nurani

Polda-Riau-Deklarasi-bersama-Siswa.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polda Riau menginisiasi Deklarasi Pemilih Muda Cerdas Menuju Pemilu Damai 2024 bersama ribuan siswa- SMA, SMK dan MA se-Provinsi Riau di Hotel Labersa, Pekanbaru.

Ribuan siswa se-Provinsi Riau ini diminta untuk bijak dalam menyaring informasi dan menggunakan hak pilih secara cerdas dengan hati nurani.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, mengatakan generasi  Z (Gen Z) merupakan pemilih muda yang cerdas dan potensial.

"Generasi Z merupakan generasi penerus bangsa. Populasi di Indonesia 70 persen pengguna internet didominasi oleh kelompok muda, diharapkan generasi muda ini cerdas dan bijak menggunakan media sosial," ujar Irjen Iqbal, Selasa, 6 Februari 2024.

Jenderal bintang dua itu pun mengajak siswa di Riau untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari mendatang secara cerdas dan menggunakan hati nurani.


"Anak-anak siswa-siswa SMA se-Provinsi Riau khususnya anak-anak kelas 12 merupakan pemilih pemula yang sudah dapat mengikuti pemilu. Oleh karena itu, mari gunakan hak pilih secara cerdas sesuai hati nurani. Mari datang ke TPS tanggal 14 Februari nanti," terang Iqbal.

Irjen Iqbal juga mengucapkan terima kasih kepada Ditlantas Polda Riau dan Ditbinmas yang telah mensukseskan deklarasi ini menjelang Pemilu 2024.

Adapun sejumlah poin dalam Deklarasi Pemilih Muda Cerdas Menuju Pemilu Damai 2024 yang dibacakan para siswa se-Riau, yakni:

1. Ikut bersama-sama mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

2. Menjunjung tinggi integritas diri agar tidak terpengaruh dengan berita provokasi di media sosial.

3. Berpartisipasi aktif untuk menggelorakan demokrasi yang cerdas, sehat dan tanpa hoaks di dalam lingkungan sekolah.