Hujan Sebentar, Jalan di Pekanbaru Tergenang Air

Banjir-di-pattimura-pekanbaru2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hujan mengguyur Kota Pekanbaru, Rabu 7 Februari 2024. Tidak sampai dua jam, hujan dengan intensitas sedang hingga deras menyebabkan air menggenangi ruas jalan.

Pantauan RIAU ONLINE, air menggenangi ruas Jalan Cut Nyak Dien dan Jalan Pattimura, tepatnya di depan Polda Riau.

Air yang menggenang juga meluap dari drainase di sekitar jalan. Para pengendara tetap melintas meski air menggenang hingga seluruh badan jalan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun menyebut, satu penyebab banjir adalah banyak drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Kondisi ini terjadi karena banyaknya sampah yang menyumbat drainase tersebut.

Muflihun mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Ia tidak ingin jumlah sampah di dalam drainase malah semakin bertambah.


Masyarakat bisa berpartisipasi membersihkan drainase depan rumah maupun yang ada di depan ruko. 

"Kita tentu tidak ingin banjir terus terjadi, maka kami imbau agar bisa ikut membersihkan drainase di lingkungannya," tuturnya.

Penyumbatan drainase maupun parit tentu memperparah kondisi banjir di sekitar lingkungan masyarakat. Ia menyadari jumlah pasukan kuning di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru terbatas.

Muflihun mengatakan, jumlah pasukan kuning cuma delapan tim. Mereka tidak mungkin bisa mengeruk seluruh drainase yang penuh sampah.

"Jumlahnya cuma delapan tim, kita punya banyak ruas jalan, tidak mungkin bisa dikeruk oleh seluruh tim dalam waktu singkat," tuturnya.