1.664 Personel BKO Polda Riau Dikerahkan Amankan TPS Pemilu 2024

Kapolda-Riau-Irjen-Pol-Mohammad-Iqbal-saat-apel-1.jpg
(ANTARA/HO-Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 1.664 personel bantuan kendali operasional (BKO) Polda Riau dan Brimob dikerahkan untuk melakukan pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024.

Ribuan personel polisi tersebut akan mulai bertugas pada 11 Februari 2024 mendatang di 12 kabupaten/kota di Riau.

"Untuk itu, kita harus siap dalam segala aspek. Tak hanya kesiapan fisik, tetapi juga kesiapan dalam aspek lainnya. Oleh karena itu, saya menekankan agar persiapan wawasan, strategi taktis dan teknis, fisik, dan kesehatan fisik dimulai sejak sekarang, sehingga tugas mulia yang akan diemban dapat terlaksana dengan baik," kata Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, Rabu 31 Januari 2024.

Selain itu, sejumlah simbol kesiapan seperti peralatan yang dibutuhkan dalam pengamanan Pemilu 2024, seperti baju, kaos kaki, dan tas ransel, diserahkan kepada personel yang akan bertugas.


Irjen Iqbal saat memimpin pelaksanaan apel pasukan sebagia bagian dari pesiapan pengamanan TPS di Mapolda Riau menjelaskan bahwa apel kesiapan Pasukan BKO merupan wujud kesiapan Polda Riau sebagai garda terdepan untuk menjamin keamanan selama Pemilu 2024. Apalagi, pemilu merupakan puncak demokrasi suatu negara.

"Oleh karena itu Polri wajib melaksanakan strategi pengamanan baik saat pemungutan suara maupun pasca pemungutan suara, dan selalu berkoordinasi dengan TNI, KPU, Bawaslu, serta unsur-unsur terkait lainnya,” ucap Irjen Iqbal.

Irjen Iqbal menegaskan, segala aspek dalam persiapan pengamanana sudah harus dilakukan menjelang 11 Februari 2024. Ia pun menginstruksikan Kepala Biro Operasi untuk mengumpulkan semua personel yang akan ditugaskan pada pengamanan tps, serta menekankan perlunya persiapan dari segala aspek, termasuk kesiapan fisik, produktivitas, dan pemahaman karakteristik daerah setempat.

Sementara Brimob Polda Riau juga melaksanakan memberikan kenyamanan dan rasa aman khususnya pada pesta demokrasi yang akan datang. Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol. Dwi Yanto Nugroho mengatakan selain memberikan kenyamanan, juga berdialog dengan warga.

“Kami juga berdialog dengan warga Kota Pekanbaru dengan tujuan menyampaikan cooling system tentang pentingnya keamanan Pemilu 2024 di Provinsi Riau,” sebut Kombes Pol. Dwi.(ANTARA)