KPU Riau Kembali Ajukan Penggantian 39 Ribu Surat Suara Rusak dan Kurang

Surat-suara-rusak-di-kpu.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan surat suara yang didistribusikan ke Provinsi Riau mengalami kerusakan. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Ilham Yasir mengatakan, sudah melaporkan permintaan penggantian kepada KPU pusat.

Ia menjelaskan, permintaan surat suara yang diajukan kembali mencapai 39.000 surat. Angka tersebut dipastikan setelah KPU selesai melakukan proses pelipatan dan penyortiran surat suara.

"Ada 24 juta surat suara yang didistribusikan untuk Riau. Kemarin sudah kita sortir, dan hasilnya dibutuhkan lagi kekurangan sekitar 39.000 surat. Karena, ada kekurangan sekitar 28.000 surat dan dan kerusakan dari sekitar 10.000 surat," jelasnya, Jumat 26 Januari 2024.


Kekurangan surat suara tersebut mencakup semua jenis surat suara. Yakni untuk surat suara Capres, DPR RI, DPD RI, DPRD Riau dan kabupaten/kota.

Menurutnya, untuk permintaan penggantian surat disampaikan juga kepada pihak percetakan surat. Pasalnya, kekurangan ini masih menjadi tanggung jawab dari percetakan.

"Setelah surat kembali diganti akan segera kami lakukan penyortiran dan pelipatan lagi. Untuk pengepakan dan distribusi bersama kotak suara dan lainnya ke masing-masing kecamatan, akan lakukan pada Februari," pungkasnya.