Debit Air Naik, Warga Diimbau Waspada Pembukaan Pintu PLTA Koto Panjang

Spillway-Koto-Panjang.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Warga yang bermukim di sepanjang aliran Sungai Kampar diimbau untuk waspada berkaitan dengan ditambahnya bukaan pintu Waduk PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Jumat, 26 Januari 2024. Diharapkan warga siap siaga menghadapi kemungkinan yang akan terjadi pasca ditambahnya bukaan pintu PLTA tersebut.

"Kami sudah koordinasi dengan BPBD Kampar untuk siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan akibat pembukaan pintu waduk. BPBD Kampar juga sudah menginformasikan kondisi terkini PLTA Koto Panjang ke Camat agar dapat menginfokan ke desa yang dekat dengan aliran sungai Kampar. Kita imbau agar waspada dan tetap siaga," ujarnya. 

Penambahan bukaan pintu Waduk PLTA Koto Panjang ini dikarenakan meningginya debit air waduk akibat hujan deras yang berkepanjangan. 


Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar, mengatakan, bukaan pintu Waduk ditambah pada pukul 11.00 WIB tadi. Dimana, posisi bukaan pintu yang tadinya berukuran 5x30 centimeter ditambah menjadi 5x40 cm.

"Kami informasikan, bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate), yang sebelumnya seluas 5x30 Cm ditambah hingga sebesar 5x40 cm," jelasnya.

"Saat ini, total bukaan pintu PLTA Koto Panjang sebesar 5x70 Cm. Dengan rincian Elevasi: 84.00 Mdpl, outflow Turbine: 282.22 m3/s, outflow Spillway 5x30 cm: 261.63 m3/s. Total outflow: 543.85 m3/s dan Inflow Waduk: 1.026,4 m3/s," pungkasnya.