Disertai Aksi Tanam Pohon, 135.562 KPPS Riau Dilantik Hari Ini

Pelantikan-KPPS-Riau.jpg
(Dok. KPU Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 135.562 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau dilantik hari ini, Kamis, 25 Januari 2024.

Para pegawai KPPS Riau tersebut dilantik secara serentak di 1.679 lokasi yang tersebar di masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Setelah yang lulus diumumkan pada Rabu kemarin, hari ini semua KPPS dilantik secara serentak di lokasi masing-masing," ujar Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto.

Menurutnya, KPPS sangat penting perannya sebagai Penyelenggara Pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).


"Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, anggota diharapkan KPPS siap menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi demi terciptanya pemilihan yang adil dan transparan di seluruh wilayah di Provinsi Riau. Semoga pelantikan KPPS Pemilu 2024 di Riau ini menjadi awal yang baik menuju pelaksanaan pemilihan yang berkualitas dan mewujudkan kehendak demokrasi yang sesungguhnya," jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam agenda pelantikan ini, KPU Riau juga melakukan aksi menanam pohon. Aksi penanaman pohon ini sesuai imbauan dan arahan dari KPU Pusat.

"Untuk penanaman pohon dilakukan di 1.801 titik. Jumlah pohon yang akan kita tanam sebanyak 135.562 bibit pohon," jelasnya.

Menurutnya, aksi penanaman pohon ini merupakan bentuk balas utang kepada alam atas penggunaan kertas yang sangat banyak untuk Pemilu 2024. Sebagaimana perhitungan KPU pusat, bahwa satu pohon diharapkan dapat mengganti sebanyak 11,6 kg kertas.

"Jumlah bibit yang kita tanam, kira-kira setara dengan jumlah kertas yang kita gunakan," pungkasnya.