2 Kubu Serikat Pekerja Bentrok di Inhu, Brimob Polda Riau Turun Tangan

Bentrok-serikat-pekerja-di-inhu.jpg
(Dok. Brimob Polda Riau)

RIAU ONLINE, INHU - Dua kubu serikat pekerja terlibat bentrok di Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Selasa 16 Januari 2024.

Bentrok diduga dipicu adanya dua kepengurusan yang berbeda. Serikat pekerja yang terbagi dua lantas saling dorong di areal PT NHR.

Beruntung Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Riau tiba di lokasi dan mendinginkan suasana.

Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho mengatakan, pada saat terjadi bentrok dirinya langsung memerintahkan Batalyon C yang berada di Inhu untuk turun ke lokasi guna meredam bentrok.

"Memang sempat terjadi bentrok karena dualisme kepengurusan pada serikat pekerja di sana. Jumlah massa puluhan," ungkap Kombes Pol Dwi, Rabu, 17 Januari 2024.

Ada sebanyak 42 anggota Brimob yang diturunkan untuk membantu pengamanan yang dilakukan Polres Inhu. 


Para personel polisi langsung mengamankan lokasi termasuk areal perusahaan yang berada di sekitarnya. Selain itu, pihaknya juga berupaya mendinginkan para pihak terkait agar tidak memperpanjang masalah. 

"Saat ini situasi sudah kondusif dan kami masih siaga dan standby di lokasi dengan kekuatan personel khusus Brimob Yon C berjumlah 42 orang. Ada juga petugas gabungan dari Polres setempat," sambungnya.

Dansat mengimbau kedua belah pihak agar bisa menahan diri dan menyelesaikan persoalan dengan kepala dingin. Dia yakin, segala sesuatu persoalan bisa diselesaikan dengan jalan damai tanpa menimbulkan korban jiwa.

"Respon cepat kami juga sesuai dengan petunjuk dan perintah langsung Bapak Kapolda agar jajaran selalu bisa meredam potensi kerawanan kamtibmas," sebutnya.

"Kami mengimbau agar kedua belah pihak agar bisa menahan diri. Apalagi sebentar lagi akan dilangsungkan pemilu Kepolisian bertekad untuk menyukseskan pemilu dan mewujudkan pemilu yang aman, sejuk, serta kondusif," pungkas Dansat.