Tanggulangi Banjir hingga Longsor, Pemprov Riau Bentuk Satgas Hidrometeorologi

banjir-di-Inhu1.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Pusat (Pemprov) Riau membentuk Satuan Tugas (Satgas) Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi.

Satgas ini bertujuan untuk melakukan penanggulangan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung. 

"Untuk penanganan banjir, kita bentuk tim. SK Tim Satgas Siaga Darurat Penanggulangan Bencana sudah saya teken," ujar Gubernur Riau (Gubri), Edy Natar Nasution, Kamis, 11 Januari 2024.

Ia menjelaskan, Satgas Hidrometeorologi merupakan tim gabungan dari semua unsur pemerintah dan TNI/Polri serta instansi terkait lainnya untuk penanganan banjir. 


"Tim ini supaya kita lebih efektif koordinasi dalam penanganan banjir jika membutuhkan sesuatu di lapangan. Kami harap tim dapat bekerja maksimal dalam membantu masyarakat terdampak bencana banjir," jelasnya. 

Senada, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengatakan, jika SK tim satgas siaga darurat penanggulangan bencana hidrometeorologi sudah diteken Gubernur Riau. 

"SK satgas sudah selesai diharmonisasi, dan sudah diteken pak Gubernur. Dengan dibentuknya tim ini penanganan banjir bisa kolaborasi dengan satu komando," paparnya.

Satgas ini dikomandoi langsung oleh Gubernur Riau, sedangkan Forkopimda seperti Kapolda, Danrem, Danlanud, dan Danlanal serta pak Sekda Riau itu sebagai wakil komando.