Jabatan Kepala DLHK Pekanbaru Kosong, Seleksi Segera Dibuka

Sekda-Pekanbaru-indra-pomi0.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru saat ini tidak memiliki pejabat definitif. Jabatan kepala dinas ini sementara diisi oleh pelaksana tugas atau Plt.

Ingot Ahmad Hutasuhut ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt), yang juga menjabat Asisten II Setdako Pekanbaru. Ingot untuk sementara waktu menggantikan Hendra Afriadi baru saja dicopot dari jabatan Kepala DLHK Pekanbaru.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pun berencana segera melakukan asesmen jabatan kepala DLHK. 

"Kita akan buka kembali assesment kepala DLHK, ini mungkin segera," ujar Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Minggu 24 Desember 2023.


Indra mengatakan, menjelang proses asesmen pihaknya perlu persiapan, mengingat pejabat definitif lama baru saja dicopot dari jabatan.

"Ini kan baru kita putus, kita konsolidasi dulu, kita persiapkan, nanti pada saatnya akan kita putuskan," kata Indra.

Hendra Afriadi dibebastugaskan dari jabatan usai menjalani sidang kode etik. Ada audit terhadap kinerja Hendra sebagai kepala dinas. Dia pun terkena hukuman disiplin kategori berat sesuai hasil audit kinerjanya.

Tim juga mendapati data dan fakta terkait pengelolaan sampah. Adanya sidang kode etik ini setelah terbitnya rekomendasi hasil pemeriksaan terhadap kinerja Hendra sebagai kepala dinas.