Provinsi Riau Juara Umum Nasional Peringati Hari Ikan

Riau-Juara-Umum.jpg
(Dok. Pemprov Riau)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Provinsi Riau jadi Juara Umum pada Gebyar Hari Ikan Nasional yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan, Selasa 21 November 2023, di Jakarta. Riau Juara Umum untuk lomba memasak serba ikan tingkat nasional untuk kategori Menu Keluarga, Balita dan Kudapan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas (Plt Kadis) Kelautan dan Perikanan Riau, Tengku Fauzan Tambusai, mengatakan raihan juara umum ini membuktikan Riau sebagai sentra perikanan darat dan laut di Indonesia.    

"Alhamdulillah, kita mendapatkan Piala dan Juara Umum diserahkan langsung oleh Bapak Menteri Kelautan Perikanan, Sakti Trenggono. Pada perlombaan ini Kabupaten Rokan Hulu mewakili Riau untuk dilombakan di tingkat Nasional," ujar Plt Kadis Perikanan dan Kelautan, Tengku Fauzan, Selasa, 21 November 2023.

Selain lomba memasak serba ikan, Gebyar Hari Ikan Nasional juga dimeriahkan dengan pameran berbagai produk olahan perikanan darat dan olahan laut diselenggarakan Ditjen PDSKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, 19-21 November 2023, di Lapangan Banteng, Jakarta.  

Riau Juara Umum2(Dok. Pemprov Riau)


Kegiatan ini dihadiri istri Plt Gubernur Riau, Suti Edi Natar, selaku Ketua Forikan Riau, dan Ketua Forikan Rokan Hulu, Peni Sukiman, didampingi Plt Ketua DWP Dinas Kelautan Perikanan Riau, Yessy Fauzan.

Riau Juara Umum3(Dok. Pemprov Riau)

Gebyar Hari Ikan Nasional, tuturnya, momentum mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) serta mengingatkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai pangan berprotein tinggi.

Riau Juara Umum4(Dok. Pemprov Riau)

Pameran dibuka langsung oleh Dirjen PDSKP, Budi Sulistyo. Ia mengatakan, pameran olahan produk perikanan adalah upaya memperkenalkan produk-produk olahan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Riau Juara Umum5(Dok. Pemprov Riau)

"Tema Hari Ikan Nasional tahun ini adalah Ikan untuk generasi Emas. Generasi emas adalah generasi yang sehat, cerdas, kemudian berinovasi atau inovatif," ujarnya.