Gajah Liar Melintasi Pemukiman Warga di Duri, Digiring Petugas Lewat Jalan Raya

Gajah-lewat-pemukiman-warga.jpg
(Tangakapan Layar/Instagram/@txtdriau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seekor gajah liar melintasi pemukiman warga Kecamatan Duri, Kabupaten Bengkalis. Video kemunculan satwa dilindungi ini viral di media sosial.

Video yang beredar memperlihatkan petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) menggiring gajah melintasi jalan raya. Pengendara terpaksa berhenti untuk menghindari potensi ancaman.

Gajah terekam melewati pemukiman warga pada Rabu, 8 November 2023, sekitar pukul 23.30 WIB. Gajah dengan santai melewati rumah-rumah warga. Petugas BBKSDA berupaya menggiring gajah melewati jalan raya.

Kabid Teknis BBKSDA Riau, Ujang Holisudin mengatakan, gajah bernama Codet itu berasal dari Kantong SM Balai Raja.


“Codet ini sudah beberapa kali melintasi pemukiman warga. Setiap empat bulan sekali gajah ini berjalan menuju Kantong Giam Siak Kecil,” terangnya, Senin, 13 November 2023.

Ujang mengatakan gajah ini diduga memasuki masa birahi dan setiap empat bulan sekali Codet akan menyeberang menuju Kantong Giam Siak Kecil.

“Kami duga itu masuk masa birahinya dan itu sudah jadi kebiasaan dari gajah Codet ini,” sebutnya.

Menghindari terjadinya konflik dengan masyarakat, Tim BBKSDA Riau diterjunkan ke lokasi. Petugas juga sudah memasang alat GPS Collar pada gajah liar tersebut untuk memantau pergerakannya.