Warga Kesal, Drainase Tersumbat Bikin Jalan Kaharuddin Nasution Banjir

Drainase-di-Kaharuddin-nasution.jpg
(Abimasarmansyah/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jalan Kaharuddin Nasution, Kota Pekanbaru, sering digenangi banjir akibat saluran drainase yang tersumbat. Apalagi saat ini Pekanbaru telah memasuki musim hujan.

Tampak genangan air di sisi badan jalan dan air di drainase tidak berjalan lancar, karena sampah yang menyumbat.

Hal ini membuat warga kesal. Amel (46) seorang ibu rumah tangga mengaku kesal lantaran karena kondisi ini terus terjadi setiap kali hujan.

"Kalau musim hujan ini, hindarilah lewat sini. Tengoklah banjir selesai hujan jadi genangan dimana-mana. Kesal kita dibuatnya,” ujar Amel, Kamis, 9 November 2023.

Menurut Amel, kondisi drainase yang sudah tersumbat dan tidak lancar tak kunjung ada penyelesaian dari pihak berwenang.


"Drainase ini sudah lama tersumbat seperti ini bang, Ndak tahu kami dimana letak tersumbatnya. Sudah pernah kami colok-colok pakai galah. Gak dapat tempatnya. Lagian drainase ni kan panjang juga. Jadi tolonglah untuk pemerintah bantuannya,” ungkap Amel kepada RIAU ONLINE, 9 November 2023.

Selain itu, kata Amel, drainase yang tidak mengaliri air dengan baik bisa menjadi sumber penyakit.

"Karena drainase tersumbat ini, air didalamnya jadi tempat nyamuk hidup terus sampah dan baunya subhanallah, jadi sumber penyakit,” tambahnya.

Senada dengan Amel, pengendara sepeda motor, Qomar (30) sering melewati jalan ini juga mengaku kesal karena tersumbatnya drainase. Selain itu, kata dia, proyek di sisi badan jalan membuat jalan berlubang dan semakin sempit.

"Wah, memang semakin parah, drainase tersumbat sering buat jadi banjir jadi kalau lewat sini pasti macet. Belum lagi ada proyek yang mempersempit jalan. Pokoknya kalau lewat sini pelan-pelan saja, kini sudah banyak jalan berlubang juga," jelasnya.

Artikel ini ditulis A. Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE