Tol Pekanbaru-Rengat Rampung 2024, Ganti Rugi Lahan Warga Harus Tuntas Tahun Ini

Ilustrasi-tol-trans-sumatera.jpg
(Foto : Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses ganti rugi lahan warga yang masuk dalam proyek jalan tol Pekanbaru - Rengat Seksi Siak - IC Bypass Pekanbaru harus segera dilakukan. Apalagi rencananya proyek pembangunan tol itu rampung pada 2024.

"Tahun ini harus tuntas proses ganti rugi jalan tol itu, jalan tol Pekanbaru-Rengat nantinya bakal terhubung ke jalan tol Pekanbaru-Dumai. Kita berharap tahun depan sudah berfungsi jalan tol ini," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Selasa 24 Oktober 2023.

Dirinya menyebut bahwa lahan yang terdampak jalan tol ini sudah melalui proses appraisal atau penilaian. Proses sosialisasi juga sudah dilakukan kepada masyarakat.

Ada tim gabungan sejumlah instansi ikut melakukan penilaian terhadap lahan dan tanaman masyarakat yang terdampak pembangunan tol. Ia pun mendorong proses pembayaran ganti rugi tersebut bisa segera dituntaskan.


Indra menyampaikan bahwa pembayaran ganti rugi bagi masyarakat pun sudah berlangsung secara bertahap. Apabila prosesnya, tuntas maka ganti rugi langsung dibayarkan kepada pemilik bidang lahan.

"Dari ratusan persil lahan itu, ada yang sudah dibayarkan ganti ruginya," jelasnya. 

Masyarakat yang belum sepakat dengan besaran ganti rugi bisa melakukan negosiasi. Ia menyadari tidak semua pemilik bidang lahan yang setuju dengan besaran ganti rugi.

"Tentu bisa sampaikan argumen di forum, nanti akan dibahas lagi di tim," tutupnya.