Komunitas UMKM Meriahkan Bazar di Pekan Maulid Festival Pekanbaru

Stand-bazar-umkm-di-festival.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bekerja sama dengan Forum Pemuda Remaja Masjid (FPRM) dan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) taja Pekan Maulid Festival Kota Pekanbaru untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M.

Pada kegiatan ini juga diadakan bazar untuk berbagai komunitas UMKM. Sejumlah komunitas UMKM di Pekanbaru turut memeriahkan festival dengan membuka stand bazar pada Minggu, 8 Oktober 2023.

Berbagai olahan makanan dan minuman serta kerajinan tangan dari komunitas UMKM dijual di festival ini. Ada UMKM Forum Pekanbaru Kota Bertuah (FPKB) Cahaya Riau, IWAPI Pekanbaru, Riau Berdaya, Binta Craft, Kelompok Usaha Bersama (KUB) Cendrawasih, Siti Hajar dan masih banyak lagi.

Satu peserta bazar dari Komunitas Siti Hajar, Waode (50), mengungkapkan adanya bazar ini dapat memperkenalkan produk-produk olahannya kepada para pengunjung festival.

"Dengan adanya bazar ini lah jadi banyak orang tau produk olahan kami dan meningkatkan daya belinya juga," ujarnya saat ditemui RIAU ONLINE.


Ia menilai, produk UMKM menjadi lebih dikenal sehingga dapat meningkatkan penjualan. Waode sendiri menjual berbagai olahan minuman dan berbagai keripik serta olahan minyak serai yang kaya manfaat. 

Lebih lanjut Waode mengatakan, terdapat 66 stand yang berjualan di bazar pada pekan maulid festival. Para pelaku UMKM tidak dipungut biaya kecuali biaya kebersihan dan keamanan senilai Rp 5.000.

"Kalau dipungut biaya tidak, cuma biaya kebersihan dan keamanan saja satu stand dihitung Rp 5.000 per kepala," ungkapnya.

Waode menjelaskan untuk mendapatkan tempat di bazar ini tidaklah sulit karena di bawah naungan Dinas Koperasi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru.

Bazar UMKM pada festival ini berlangsung dari tanggal 4 Oktober hingga 8 Oktober 2023. Pegiat Komunitas UMKM mulai membuka stand bazar dari pukul 08.00 WIB - 22.00 WIB

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE