Cegah ISPA, Disdik Minta BPBD Sediakan Masker untuk Sekolah di Pekanbaru

Siswa-SMPN-18-Pekanbaru.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ancaman Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) mengintai masyarakat Kota Pekanbaru lantaran sempat dilanda kabut asap. Kota Pekanbaru diselimuti kabut asap yang berasal dari kabupaten/kota dan provinsi tetangga.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyediakan masker untuk dibagikan ke sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menyebut, pihaknya sudah diskusi dengan BPBD terkait permintaan masker. Untuk tahap awal, mereka meminta BPBD menyediakan masker bagi anak sekolah.

"Kita sudah diskusi juga dengan BPBD, untuk tahap awal ini kita minta masker dulu, supaya dapat dibagikan ke sekolah-sekolah," paparnya, Jumat 6 Oktober 2023.

Menurutnya, permintaan masker tersebut dalam upaya pencegahan penyakit ISPA yang diakibatkan oleh asap. Apalagi Disdik juga telah mengeluarkan surat edaran terkait pembelajaran di sekolah.


Disdik mengimbau agar mengurangi aktivitas belajar mengajar di sekolah. Bahkan, kata Jamal, jika kualitas udara semakin memburuk, Disdik akan mengambil tindakan untuk meliburkan sekolah.

"Jadi benar, kalau sudah sangat tidak baik, ini baru kita liburkan, terutama PAUD/TK dan SD, karena ini yang paling rentan," terangnya.

Menurutnya, jika sekolah diliburkan, kemungkinan proses pembelajaran siswa akan dilakukan dalam jaringan (daring). 

"Mungkin pembelajarannya daring," ucapnya.