Revitalisasi Pasar Palapa Pekanbaru Ditargetkan Rampung Akhir Oktober 2023

Revitalisasi-pasar-palapa.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Revitalisasi Pasar Palapa hingga kini sudah hampir mencapai 60 persen. Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menargetkan revitalisasi rampung pada akhir Oktober 2023 mendatang.

Proses pengecoran dan pemasangan tiang baja sudah tuntas dilakukan. Kontraktor pun diberi waktu satu bulan untuk menuntaskan revitalisasi tersebut sesuai kontrak.

"Kita targetkan tuntas pada bulan sepuluh ini tercapai," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Jumat 22 September 2023.

Dirinya mengaku optimis pengerjaan revitalisasi pasar ini bisa tuntas di akhir bulan depan. Ia berharap pasar ini bisa diresmikan Presiden Joko Widodo bersamaan dengan revitalisasi pasar lainnya di nusantara.


"Kita salah satu pasar yang dapat bantuan dari pemerintah untuk revitalisasi pasar, nanti mungkin bisa diresmikan presiden atau pak menteri nanti," harapnya.

Revitalisasi ini berlangsung di bagian belakang Pasar Palapa. Bangunan pasar memiliki desain modern agar nyaman bagi pedagang dan pengunjung.

Bangunan pasar itu memiliki rangka baja dengan konsep hall atau aula dengan ukuran 25 x 30 meter. Pasar nantinya berfungsi sebagai pasar basah untuk pedagang sayur, ikan dan daging.

Pasar yang sudah direvitalisasi dapat menampung sebanyak 80 pedagang. Anggaran untuk revitalisasi Pasar Palapa ini sebesar Rp 3 miliar yang bersumber dari Kementerian Perdagangan RI.