Sudah Disediakan TPS, Warga Masih Buang Sampah ke Drainase Cik Puan

Sampah-penuhi-drainase-pasar-cik-puan.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Drainase di sekitar bangunan terbengkalai Pasar Cik Puan, Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, dipenuhi sampah. Kondisi tersebut mengganggu penciuman dan pemandangan.

Pantauan RIAU ONLINE, Jumat, 15 September 2023, sampah berserakan di sepanjang drainase kebanyakan sampah plastik. Padahal lokasinya tak jauh dari tempat berjualan para pedagang di Pasar Cik Puan.

Petugas kebersihan di TPS Cik Puan, Tama Sinurat (53), mengatakan banyaknya sampah di dalam drainase disebabkan oleh warga setempat yang membuang sampah sembarangan. 

"Kalau sampah yang di selokan itu, biasanya warga setempat yang buang sampah di situ," ujarnya.

Tama Sinurat menjelaskan, warga setempat tetap membuang sampah ke drainase meski  TPS Cik Puan ditinjau langsung oleh Satpol PP dan mandor.


"Karena yang membuang sampah ke selokan itu ya warga setempat juga, tapi ndak nampak aja sama penjaganya, makanya ndak ada yang tegur," jelasnya.

Ia berharap timbulnya kesadaran diri dari warga setempat agar tidak membuang sampah ke drainase, supaya tidak terjadi banjir akibat drainase yang dipenuhi dengan sampah.

"Harapannya ya, walaupun belum pernah ada banjir di sini, setidaknya buang sampah di tempat yang disediakan bukan di selokan," tutupnya.

Kondisi berbeda di sekitar drainase Puyuh Mas. Meski kawasan tersebut sempat banjir beberapa waktu lalu, kini kondisi drainase sudah kembali normal.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE