Taman Labuai Bakal Jadi Pusat Kuliner dan UMKM di Kota Pekanbaru

Taman-Labuai-Pekanbaru.jpg
(Istimewa via Batamnews)

RIAU ONLINE - Taman Labuai di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, tengah ditata untuk menjadi pusat kuliner dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bertuah.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, mengatakan saat ini penataan kawasan yang berada tepat di samping Gedung Purna MTQ itu sudah tahap pembongkaran gerbang. Selanjutnya akan dipersiapkan tenant bagi pelaku UMKM.

"Penataannya dilakukan sambil berjalan, memang tak langsung. Sekarang sudah mulai pembongkaran gerbangnya. Harapan kita, Desember sudah selesai penataannya," kata Edu, sapaan akrabnya.

Edu menjelaskan penataan juga guna mengembalikan fungsi Taman Labuai sebagai Taman Kota Pekanbaru. Para pengunjung dapat menikmati kuliner UMKM yang disediakan.

"Intinya pesan dari Pak Pj Wali Kota, bagaimana mengembalikan fungsi dari Taman Labuai yang lama menjadi pusat kuliner dan tempat berkumpulnya masyarakat," tuturnya.


Sejak beberapa tahun terakhir, Taman Labuai memang sepi pengunjung dan tak ada pelaku usaha yang berjualan. Padahal sebelumnya, taman ini menjadi pusat kuliner di Pekanbaru dan tempat berkumpulnya masyarakat.

Kini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah berupaya meningkatkan geliat UMKM di daerah setempat.

Selain Taman Labuai, Sentra UMKM juga direncanakan akan dibangun di bekas Kantor Wakil Wali Kota Pekanbaru di Jalan Arifin Achmad.

Renovasi kantor yang sebelumnya ditempati Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru itu ditargetkan tuntas pada Desember 2023 mendatang.

Bagian dalam gedung bakal dibongkar dan dibangun tenant untuk pelaku UMKM di bawah naungan Dekranasda termasuk pusat oleh-oleh Pekanbaru.

"Setelah selesai direnovasi akan difungsikan untuk Pusat UMKM, produksi, workshop UMKM. Harapan Pak Pj Wali Kota, ini akan jadi pusat oleh-oleh Pekanbaru yang dikelola oleh Dekranasda," ucapnya.(ANTARA)