DKP Riau Imbau Kelompok Budidaya Ikan Daftar Kusuka, Ini Manfaatnya

Ilustrasi-pembudidaya-ikan.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala DKP Riau Tengku Fauzan Tambusai melalui Sub Koordinator Pengembangan Kawasan Perikanan Budidaya, Mulyadi, mengimbau Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Bintang Jaya yang berada di Rokan Hilir (Rohil) mendaftar Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka).

Mulyadi mengatakan melalui Kusuka, kelompok budidaya ikan akan mendapatkan banyak manfaat termasuk bantuan dari DKP Riau.

"Jika sebagai pengolah, dibantu dari peralatan. Jika sebagai nelayan, dibantu alat tangkap. Jika punya kartu Kusuka dan memiliki anak bisa menjadi prioritas untuk masuk di Politeknik Perikanan Dumai yang mana pak gubernur meminta agar diprioritaskan untuk putra-putri daerah," ujarnya pada Kamis, 31 Agustus 2023.


Pembudidaya ikan yang memiliki Kusuka akan mendapatkan bantuan jika ingin membuka budidaya sendiri. Ia menyebut di sanalah peran pemerintah membantu masyarakat.

"Pemilik kartu kusuka harus dibidang perikanan dan kelautan. Dengan tiga syarat yakni nelayan, pembudidaya ikan, dan pengolah perikanan. Jika salah satu ada, maka bisa daftar. Dan ini sebagai tanda pengenal," ungkapnya.

Selain itu, Kusuka juga memudahkan dalam memperoleh BBM Subsidi seperti solar, namun tetap ada batasannya. Dengan begitu, bisa memudahkan masyarakat yang memiliki tiga pekerjaan tersebut untuk bisa meningkatkan roda perekonomian.