Diluncurkan September, KLHK Sosialisasi Perdagangan Karbon Sektor Kehutanan di Riau

Dirjen-KHLK-di-Riau.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari Kementerian Hutan dan Lingkungan Hidup (KLHK) RI Agus Justianto melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Riau dalam rangka Sosialisasi Perdagangan Karbon Sektor Kehutanan, di Hotel Pangeran Pekanbaru, Kamis, 24 Agustus 2023.

Agus secara langsung membuka sosialisasi yang dihadiri Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Riau, Kepulauan Riau (Kepri), dan Sumatera Barat (Sumbar).

Agus menyampaikan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, KHLK maupun pemerintah harus mampu membangun perdagangan karbon di Indonesia. Ia menyebut, pasar perdagangan karbon voluntary saat ini bukan Indonesia.

"Rencananya September 2023 mendatang akan melaunching bursa karbon di bawah OJK yang harapannya perdagangan karbon di Indonesia bisa diimplementasikan," ucapnya.

Tujuan dari perdagangan karbon katanya dalam rangka penurunan emisi rumah kaca, lantaran ada batas - atas yang dipenuhi. 


"Jika melampaui batas atas yang ditetapkan, maka harus membeli sertifikat emisi gas rumah kaca," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Agus, dengan adanya mekanisme perdagangan karbon di Indonesia ini, manfaat bagi Indonesia tidak hanya bisa mengurangi emisi gas rumah kaca, namun bisa memberikan manfaat ekonomi.

"Launching nantinya akan dilangsungkan secara nasional. Kebetulan sosialisasi saat ini dilakukan di Pekanbaru dan ini akan tetap berlanjut," ujarnya.

Disinggung mengenai mitigasi, dijelaskannya, selain emisi gas rumah kaca maka ini berkaitan dengan dampak perubahan iklim. Oleh karena itu, langkah konkretnya harus diberikan insentif sehingga orang mitigasi perubahan iklim akan diberikan insentif.