Duh, Sampah Berhari-hari Menumpuk di Jalan Terubuk Pekanbaru

Sampah-menumpuk-di-jalan-terubuk.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tumpukan sampah menghiasi ruas Jalan Terubuk, Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru. Kebanyakan sampah plastik dan sampah organik.

Warga sekitar pun mengeluhkan kondisi sampah menumpuk dan tidak diangkut. Kondisi tersebut sudah berlangsung beberapa hari.

Pengguna jalan pun terganggu karena ruas jalan itu menjadi akses ke sekolah, tempat ibadah dan juga pasar. Apalagi aroma tak sedap tercium hingga ke pemukiman warga.

"Jalan merupakan akses ke masjid, ke sekolah dan pasar kaget yang selalu dilalui warga. Perlu tindakan berefek jangka panjang, jika sekadar diambil oleh truk, besoknya akan numpuk lagi," ungkap seorang warga Jalan Terubuk, Rabu 23 Agustus 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi angkat bicara terkait kondisi tersebut. Ia mengatakan, jumlah armada yang beroperasi tidak sesuai kontrak jadi satu penyebab menumpuknya sampah di sejumlah titik.


"Memang adanya armada yang jumlahnya tidak beroperasi sebagaimana mestinya dalam ketentuan di kontrak, makanya kita lakukan evaluasi," ulasnya.

Dirinya menegaskan operator angkutan sampah jangan sampai abai terhadap sampah yang menumpuk. Ia mendorong operator bisa mengangkut sesuai jadwal agar tidak ada penumpukan sampah.

Operator sampah bisa menyiapkan dulu armada pengganti untuk mengangkut sampah dari seluruh Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah. Armada yang sudah selesai perbaikan tentu bisa beroperasi kembali.

Apalagi ritasi pengangkutan sampah operator angkutan sampah tidak sesuai. Namun secara perlahan proses pengakutan sampah harus dioptimalkan.

"Kita bakal melakukan pengawasan terhadap titik sampah yang terlambat pengangkutannya," ucapnya.