HUT ke-78 RI, Diskominfotik Riau: Kemerdekaan Indonesia Bukan Hadiah Penjajah

Bendera-merah-putih1.jpg
(ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bangsa Indonesia akan kembali merayakan kemerdekaan ke-78 tahun pada 17 Agustus 2023 besok. Merdekanya Indonesia atas perjuangan para pahlawan yang hingga kini terus dikenang dan diberi penghormatan khusus oleh negara.

"Kita merdeka bukan karena pemberian atau hadiah dari penjajah tapi benar-benar karena perjuangan yang mengorbankan harta bahkan nyawa. Oleh karena itu, mari kita isi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif untuk memajukan bangsa dan negara," ucap Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Erisman Yahya, Rabu, 16 Agustus 2023.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah seharusnya terus berupaya agar generasi muda tumbuh rasa cintanya kepada negara, misalnya dengan gerakan sejuta bendera dan memeriahkan HUT RI pada setiap tahunnya.

Rasa cinta tanah air, kata dia juga bisa ditumbuhkan melalui pembelajaran hingga film-film sejarah bangsa.


"Setiap tahun memberikan gelar pahlawan yang nantinya disetujui oleh Kemensetneg dan setiap tahunnya juga diumumkan pahlawan-pahlawan baru sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kecintaan terhadap bangsa. Tidak gampang mencari pahlawan yang belum terekspos serta mencari ahli warisnya," ucapnya.

Besok, Kamis, 17 Agustus 2023, seluruh rakyat Indonesia kembali memproklamirkan kemerdekaan RI untuk ke-78 tahun. Masing-masing OPD di Riau akan melaksanakan upacara HUT ke-78 RI. Segala persiapan pun telah dilakukan di halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.