Gebyar Muharram di Desa Bengkolan Salak Mahasiswa Kukerta Gelar Pawai Obor

Mahasiswa-KKN-unri-dan-Uin.jpg
(Istimewa)

Laporan: Tim Kukerta Unri

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka memperingati bulan Muharram, mahasiswa Kukerta UNRI 2023 bersama dengan mahasiswa KKN UIN SUSKA 2023 dan seluruh warga Desa Bengkolan Salak, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengadakan Pawai obor dan lomba untuk anak-anak. Kegiatan Peringatan 1 Muharram berlangsung di Masjid Jami’ Al-hijrah, 19 Juli 2023.

Ada sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut bulan Muharram, yakni Doa Istighosah yang dilakukan setelah salat maghrib. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Pawai Obor yang diikuti seluruh warga Desa Bengkolan Salak. Kegiatan pawai obor tersebut dimulai dari titik awal di Masjid Jami’ Al-Hijrah dengan menyusuri jalan RT 09 dan diiringi dengan lantunan Salawat Nabi.

Kegiatan yang selanjutnya yaitu berbagai macam perlombaan 10 Muharram yang diadakan oleh mahasiswa Kukerta UNRI. Kegiatan tersebut bertemakan "Mari Berhijrah Menuju Pribadi yang Bertaqwa dan Berakhlakul Karimah."

Adapun beberapa cabang lomba yang diadakan yakni Lomba Pidato tingkat SD dan SMP, Lomba Adzan Tingkat SD dan SMP, Lomba Surah Pendek tingkat SD dan Lomba Tilawah Tingkat SMP. Rangkaian kegiatan lomba diawali pada tanggal 27 Juli 2023 dengan cabang lomba untuk SD dan diakhiri pada tanggal 28 Juli 2023 dengan cabang lomba untuk SMP. 


Hasil pengumuman perlombaan 10 Muharram tersebut diumumkan ba’da maghrib dilanjutkan dengan kegiatan Tabligh Akbar.

Dalam acara Tabligh Akbar, Hamdan selaku Kepala Desa Bengkolan salak mengapresiasi adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh para mahasiswa KKN.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada anak-anak KKN baik itu dari UNRI maupun UIN yang telah bersusah payah dan berpartisipasi aktif dalam acara 10 Muharram ini, semoga dengan adanya acara yang dibuat anak KKN ini seluruh pikiran masyarakat Desa Bengkolan Salak dan anak-anak dapat lebih terbuka dan untuk acara-acara di tahun-tahun yang mendatang dapat lebih meriah lagi," ulasnya.

Atas seluruh rangkaian kegiatan Muharram yang telah terlaksana juga mendapatkan sambutan hangat dan apresiasi dari seluruh warga Desa Bengkolan Salak. Di mana dalam kegiatan ini merupakan momen penting untuk memperkuat persaudaraan dan tali silaturahmi antara mahasiswa Kukerta dan seluruh warga Desa Bengkolan Salak.

Selain itu juga, dengan diadakannya lomba-lomba untuk anak-anak SD dan SMP juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, motivasi dan juga merupakan ajang untuk dapat mengasah skill dan kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak Desa Bengkolan Salak.

Tim Kukerta UNRI 2023 dan KKN UIN SUSKA 2023 mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh warga Desa Bengkolan Salak yang sudah berpartisipasi aktif dalam menyemarakkan kegiatan peringatan bulan Muharram 1445 H.