Puluhan Personel BKO Dikerahkan Padamkan Karhutla di Rohil

Pemadaman-karhutla-di-Rohul.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Saat ini, petugas di lokasi masih melakukan pendinginan guna memastikan api benar-benar padam. 

Dansat Brimobda Riau, Kombes Pol Ronny Lumban Gaol mengatakan dirinya telah memerintahkan personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dalam upaya pemadaman karhutla. Para personel BKO akan turut membantu pemadaman di titik karhutla.

"Sesuai instruksi Kapolda, kami menurunkan sebanyak 57 personel lengkap dengan peralatan. Upaya pemadaman karhutla harus dilakukan dengan cepat tanggap, dan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki," ujar Kombes Ronny, Selasa, 8 Agustus 2023.

Dikatakannya, 57 personel yang dikerahkan dibagi atas dua titik. Yakni di Kepenghuluan Sungai Pinang dan Kepenghuluan Tanjung Leban, Kecamatan Kecamatan Kubu Babussalam, Kabupaten Rohil. 


Selain personel, pihaknya juga turut membekali dengan peralatan yang dimiliki oleh Sat Brimobda Riau.

"Brimob juga turut menurunkan beberapa kendaraan taktis. Seperti kendaraan taktis maung, truk, bus dan sepeda motor untuk menjangkau titik tertentu," katanya.

"Upaya ini dilakukan bersama-sama dengan petugas gabungan. Polres, TNI, Manggala Agni dan lainnya. Alhamdulillah saat ini api berhasil dipadamkan. Kami sangat berharap semua pihak dapat mendukung kerja keras personel di lapangan," tutup Dansat