Cegah Kanker Serviks dan Diare, Pekan Ini Riau Gelar Imunisasi HPV dan RV

Ilustrasi-kanker-serviks.jpg
(internet)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Guna mencegah kanker leher rahim atau kanker serviks, pemerintah secara serentak pada 2023 melakukan penambahan vaksin baru ke dalam program imunisasi nasional yaitu vaksin HPV. Vaksin HPV diperuntukan bagi siswa perempuan kelas 5 untuk dosis pertama dan 6 untuk dosis kedua SD/MI dan sederajat baik negeri maupun swasta melalui program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Merujuk pada laman Sehat Negeriku, Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa kegiatan pemberian imunisasi HPV melalui program BIAS ini diawali dengan pemberian imunisasi di lokasi percontohan yang memiliki angka prevalensi kanker serviks tinggi dan dinilai memiliki kesiapan dalam melaksanakan imunisasi HPV. Mulai dari Provinsi DKI Jakarta pada Oktober 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun depan di dua kabupaten di Provinsi DIY yaitu Kabupaten Kulonprogo dan Gunungkidul.

Pelaksanaan imunisasi HPV dalam Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di DKI Jakarta sudah mendapatkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization).

Lalu bagaimana dengan Riau? Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau Zainal Arifin yang diwakili oleh Kasi Surveilans dan Imunisasi dr. Citra Iskandar mengatakan pelaksanaan imunisasi tersebut dilakukan pekan ini.

"Kalau untuk imunisasi saat ini khusus Provinsi Riau di minggu ini ada pelaksanaan introduksi antigen baru yaitu imunisasi HPV (Pencegahan kanker leher rahim) untuk anak sekolah dan imunisasi RV (Pencegahan diare) untuk bayi," jelasnya pada RIAU ONLINE, Selasa, 8 Agustus 2023.

Diuraikannya, pada 2016-2021 pelaksanaan vaksin ada di 20 kabupaten kota di DKI, DIY, Jatim, Bali, Sulsel, dan Sulut. Lalu, tahun 2022 perluasan di 112 kabupaten kota dan tahun 2023 perluasan secara nasional.


Imunisasi HPV dan RV menurutnya sudah ada di Riau tetapi secara mandiri. Kemudian, secara nasional pelaksanaannya pada bulan Agustus 2023.

"Sementara untuk imunisasi RV diberikan secara oral atau tetes pada bayi usia 2, 3, dan 4 bulan atau bayi lahir mulai 16 Mei 2023)," ungkapnya.

Di Riau, pelaksanaan HPV dimulai pada 9 Agustus 2023 bersama dengan kegiatan BIAS. Kemudian, imunisasi RV pelaksanaannya dimulai pada 15 Agustus 2023.

Dokter yang kerap disapa Citra menyatakan dalam hal ini pemerintah berkomitmen menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat diare dan kanker leher rahim melalui introduksi vaksin baru yaitu RV dan HPV.

"Hal ini akan tercapai apabila cakupan imunisasi tinggi dan merata. Oleh karena itu, perlu dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan introduksi vaksin baru ke dalam program nasional," harapnya.