Besok Riau Menginjak Usia 66 Tahun, Infrastruktur Masih Dikeluhkan Masyarakat

ruas-Jalan-rusak-di-pekanbaru.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat menaruh banyak harapan untuk Riau yang akan menginjak usia 66 tahun pada 9 Agustus 2023 besok. Mereka berharap Bumi Lancang Kuning terus menjadi provinsi yang maju seiring dengan tema “Riau Bersatu” yang diusung pada hari jadinya.

Namun, masalah infrastruktur masih menjadi sorotan masyarakat terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Pasalnya, infrastruktur di ibukota Riau, Kota Pekanbaru, masih jauh dari harapan masyarakat. 

Mulai dari jalan berlubang dimana, genangan dan banjir saat hujan, hingga kemacetan yang setiap hari dihadapi masyarakat.

"Saya berharap Riau khususnya Pekanbaru semakin maju dan jaya. Namun, pemerintah harus memperbaiki infrastruktur agar akses kemana-mana mudah," ujar mahasiswa bernama Lina, Selasa, 8 Agustus 2023.


Harapan yang sama juga diutarakan mahasiswa lainnya, Desi, untuk pemerintah Riau. Ia berharap Pemprov Riau segera merampungkan pemerataan infrastruktur, baik di Pekanbaru maupun daerah lainnya. Menurutnya, akses antar daerah yang baik akan mendukung pendidikan serta ekonomi.

"Saya percaya jika jalan diperbaiki dan merata, pendidikan dan ekonomi pasti akan maju. Riau bakal berdaya saing tinggi, anak-anak daerah juga berpendidikan tinggi, masyarakat daerah berpenghasilan ekonomi tinggi," terangnya.

Sementara itu, Ketua panitia HUT Riau ke-66 adalah Asisten II Sekdaprov Riau M Job Kurniawan menjelaskan makna tema yang diusung tersebut merupakan hadirnya Riau untuk persatuan seluruh kabupaten kota atas persatuan masyarakat Riau, dan budaya Riau.

"Pada prinsipnya Riau sama dengan provinsi lain yang siap bangkit dari covid-19. Mudah-mudahan Riau sudah tumbuh lumayan dari sisi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Hal ini juga sekaligus mempersiapkan Pilkada agar Riau menjadi lebih baik," ungkapnya pada Selasa, 8 Agustus 2023.