Cukup Bawa KTP, Warga Kurang Mampu di Pekanbaru Sudah Bisa Berobat

Setda-Pekanbaru1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat kurang mampu dapat mengakses layanan  kesehatan secara mudah dengan hanya dengan menunjukkan KTP. Adanya kemudahan ini setelah peluncuran Universal Heatlh Coverage (UHC).

Program ini diberi nama Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah yang menandai UHC JKN di Kota Pekanbaru. Masyarakat miskin yang bisa mengakses layanan ini masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

 

"Jadi, jika ada masyarakat masuk ke fasilitas keehatan, ke puskesmas maupun rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS, bakal dilayani," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu 26 Juni 2023.

 

Dalam pelaksanaan program ini, ada tim fast response yang terdiri dari sejumlah instansi. Mereka membantu pengolahan data penerima program layanan kesehatan.

 

"Tim ini mempersiapkan datanya, terutama bagi masyarakat yang datanya belum terverifikasi," kata Indra.

 

Fasilitas kesehatan yang bisa diakses lewat program ini di antaranya puskesmas, yang merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama.

 

"Kemudian ada beberapa rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS, sebagai fasilitas kesehatan lanjutan," jelasnya.




Masyarakat nantinya bakal terbantu karena biaya kesehatannya ditanggung lewat program ini meskipun berada di luar Kota Pekanbaru.

"Walau di luar kota, kita upayakan bantu pengobatannya. Nantinya dikordinasi dengan tim fast response, agar bisa dicover BPJS," ulasnya. 

Peluncuran UHC direncanakan, Jumat 28 Juli 2023 di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru. Persiapan sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu seperti administrasi, verifikasi data masyarakat hingga pembiayaan.