Innalillahi, 2 Jemaah Haji Riau Meninggal di Tanah Suci, Ini Identitasnya

Kakbah-di-Mekkah.jpg
(VOAINDONESIA/AP)

RIAU ONLINE - Dua orang jemaah haji asal Provinsi Riau tutup usia di Tanah Suci, Mekkah. Ketua Kloter melaporkan kepada PPIH Debarkasi Haji Antara Riau bahwa jemaah haji tersebut berasal dari Kabupaten Siak dan Kuantan Singingi.

"Dua orang jemaah haji Provinsi Riau meninggal di Makkah, pertama atas nama Raja Ristian degan nomor porsi 0400088078 berasal dari Kloter 33 dari daerah Kuantan Singingi. Beliau meninggal, Kamis pukul 00.35 WAS di RS King Faisal Mekkah," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin, Jumat, 14 Juli 2023, dari Kota Mekkah.

Mahyudin mengungkap identitas kedua jemaah haji yang meninggal dunia tersebut. Yakni Pangat bin Muntalib Abdullah dengan nomor porsi 0400083357 tergabung dalam Kloter BTH - 15 berasal dari Kabupaten Siak, yang meninggal di RS King Faisal Mekkah pada Kamis, 13 Juli 2023, pukul 09.12 waktu setempat.

"Saya atas nama pribadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau dan Panitia PPiH Debarkasi Haji Antara Riau turut berduka cita yang mendalam atas wafatnya jemaah haji asal Kuansing dan Siak, semoga Almarhum memperoleh haji mabrur, ditempatkan bersama orang - orang yang Allah Ridhoi, syurga tempatnya nanti, keluarga yang ditinggalkan tabah serta ikhlas menerima cobaan ini," ujarnya.


Ia pun berpesan untuk para jemaah haji Riau agar disiplin dan menjaga pola hidup sehat. Terlebih lagi, suhu di Tanah Suci turut mempengaruhi kondisi fisik dan kesehatan, terutama usai menjalani puncak haji Armina.

Mahyudin menyarankan para jemaah haji Riau untuk memakai masker, menghindari kontak fisik dengan jemaah yang batuk atau pilek, serta mencuci tangan pakai sabun.

Karena cuaca panas di Madinah, jemaah khususnya saat ziarah agar menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa payung atau topi, pelembab bibir dan tabir surya. Selalu membekali dengan air mineral, minum yang cukup, jangan menunggu haus. Jangan sungkan meminta bantuan petugas khususnya petugas kesehatan untuk konsultasi dan penanganan kesehatan bila dibutuhkan," kata dia.

Sementara hingga kini, sebanyak 3.696 jemaah haji Riau telah tiba di Bumi Lancang Kuning. Ada 23 orang jemaah wafat, yang 21 orang di antaranya tutup usia di Arab Saudi, sedangkan 2 lainnya di Batam.