DPR Tinjau Jalan Pelalawan dan Kampar, Syamsuar Minta Pusat Kucurkan Dana Infrastruktur

Syamsyuar777.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, bersama jajaran Komisi V DPR RI meninjau kondisi jalan di Kabupaten Pelalawan dan Kampar. Tujuan peninjauan guna memastikan infrastruktur jalan di Provinsi Riau bisa mendukung kemajuan perekonomian daerah. 

Syamsuar menjelaskan, peninjauan jalan di Pelalawan dan Kampar perlu membawa Bupati dan DPR RI karena ada proyek strategis pariwisata di daerah tersebut.

“Ada bono kemudian di sana ada potensi pertanian yang berkaitan dengan pariwisata. Ini kalau tak didukung infrastruktur yang baik, hanya berharap pada APBD provinsi saja tak cukup,” kata Syamsuar, Jumat, 14 Juli 2023.

Ia mengaku, pihak DPR RI menanyakan posisi jalan termasuk instruksi presiden (inpres) apa tidak, dan memang jalan tersebut termasuk dalam Inpres.

“Tapi sampai saat ini progresnya juga belum jelas, dan itu juga jumlahnya kecil. Saya sampaikan inilah kondisi Riau, walau jadi salah satu daerah penyumbang devisa negara terbanyak, tapi tak cukup membangun infrastruktur di sini karena dana terbatas,” jelas Syamsuar.


“Tadi saya dengar juga ada informasi terhadap daerah yang insentif fiskalnya naik oleh Menteri Keuangan akan dikurangi. Saya tak setuju tadi,” tambahnya.

Syamsuar menegaskan, Provinsi Riau dua tahun ini termasuk daerah dengan fiskal yang bagus, namun bukan berarti dijadikan alat untuk mengurangi anggaran bantuan infrastruktur.

“Makanya tadi kami sampaikan pada anggota dewan sebab bagaimanapun ini prestasi kita. Dan anggaran yang tersedia sekarang tak cukup karena hanya sekitar Rp 64 miliar saja. Jadi saya berharap ini jangan jadi alasan untuk pengurangan,” pungkasnya.