Hujan Disertai Petir dan Angin Bakal Guyur Kota Pekanbaru di Bulan Juli

Marzuki-BMKG-Riau.jpg
(Septri/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau memprediksi cuaca di Pekanbaru pada Juli 2023 akan hujan ringan hingga sedang. Hujan disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di seluruh wilayah Pekanbaru.

Koordinator Data dan Informasi BMKG Provinsi Riau, Marzuki menjelaskan, dari bulan Mei tahun 2023 Pekanbaru mulai memasuki musim kemarau dan memasuki puncak musim kemarau pada bulan Juli 2023. Namun, karena Pekanbaru memiliki pola curah hujan ekuatorial, yang mana pada saat musim kemarau pun masih terjadi hujan meski dengan intensitas lokal dan durasi pendek.

"Menurut pantauan kami di bulan Juli, terjadi pembelokan angin di sekitar Pekanbaru. Pada saat pembelokan angin, jika kondisi lingkungan mendukung peluang pertumbuhan awan hujan, maka akan terakumulasi di sekitar Pekanbaru sehingga berpotensi hujan," ujarnya, Rabu, 12 Juli 2023.

Marzuki menjelaskan, pada bulan Juli, hujan disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di seluruh wilayah Pekanbaru. Namun, hal tersebut tidak terjadi secara bersamaan karena pergantian musim di setiap kota berbeda.


Lanjutnya, hujan disertai petir terjadi ketika awan hujan berkembang cukup baik sehingga terbentuk awan Cumulonimbus dan terjadilah hujan disertai petir dengan intensitas curah hujan paling tidak sedang.

Meski begitu, Marzuki mengimbau masyarakat agar tetap waspada. Karena sejak memasuki puncak musim kemarau, Riau masuk siaga karhutla.

"Berdasarkan prakiraan BMKG pada tahun 2023, kondisi cuaca atau iklim Pekanbaru akan lebih kering dibandingkan 3 tahun sebelumnya. Kondisi itu terjadi karena fenomena El Nino," tuturnya.