Gajah Jantan Sumatera Berusia 10 Tahun Mati Diduga Diracun di Pelalawan

Gajah-sumatera-ditemukan-mati-di-tntn.jpg
(Dok. BBKSDA Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seekor gajah jantan Sumatera (Elephas maximus sumatranus) ditemukan mati. Diduga gajah malang ini diracun oleh orang tak bertanggung jawab di sekitar kantong Tesso Tenggara, Kabupaten Pelalawan, Selasa, 11 Juli 2023.

Petugas menduga gajah malang berusia 10 tahun ini racun lantaran ditemukan satu kantong berisi gula merah yang diduga dijadikan umpan untuk meracuni gajah.

"Setelah dilakukan investigasi dan nekropsi, kematian gajah diduga karena keracunan yang menyebabkan gangguan terhadap saluran pernapasan dan peradangan pada saluran pencernaan serta lambung," ujar Kepala Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman S Hasibuan, Rabu, 12 Juli 2023.

Lebih lanjut, Genman menjelaskan BBKSDA Riau memastikan penyebab kematian gajah dengan menyisihkan organ dalam gajah untuk dilakukan uji laboratorium. 


"Gajah tersebut merupakan gajah jantan yang berusia sekitar 10-12 tahun. Saat ditemukan, gading dalam kondisi lengkap dan tak ada bagian tubuh yang luka maupun hilang," lanjut Genman. 

Saat ini, pihaknya tengah menindaklanjuti terkait kejadian tersebut. Selanjutnya, BBKSDA Riau akan mengumpulkan bahan dan keterangan serta berkoordinasi dengan penegak hukum untuk upaya hukum lebih lanjut. 

"BBKSDA Riau mengimbau agar semua pihak dapat memberikan perlindungan yang serius terhadap keberadaan satwa berbadan tambun yang dilindungi Undang-undang ini," pungkasnya.