Tumpukan Sampah Masih Jadi Pemandangan Lazim di Kota Bertuah

tumpukan-sampah15.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

Laporan: Septri Windiyana Putri

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tumpukan sampah seolah menjadi pemandangan lazim di setiap jalan maupun sudut Kota Pekanbaru. Bagaimana tidak? Hampir setiap hari masih dijumpai sampah menumpuk di tepi jalan.

Seperti di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru. Sejumlah oknum warga tak bertanggung jawab masih saja membuang sampah hingga menumpuk. Sampah yang dibuang kebanyakan sampah plastik dan rumah tangga.

Pengguna jalan pun merasa terganggu dengan adanya tumpukan sampah di jalan protokol. Apalagi jalan tersebut menjadi pusat keramaian lalu lintas aktivitas setiap harinya.

"Salah satu dampak yang saya rasakan mungkin dari segi kenyamanan ya, saya lebih senang lewat fly over atau melewati jalan pintas lain" ujar Yanti, satu pengendara yang sering melewati Jalan Jenderal Sudirman, Selasa, 4 Juli 2023.

Menurutnya, beberapa masyarakat mungkin terbiasa dengan praktik membuang sampah sembarangan tanpa memikirkan dampaknya. Jika kebiasaan ini tidak diubah, kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik sulit untuk tumbuh.


"Selain dari kurangnya edukasi pada masyarakat, mungkin pemerintah perlu survei lagi ke lokasi-lokasi yang sering dijadikan tempat pembuangan sampah dan menyediakan sarana tempat membuang sampah," kata Yanti.

Pantauan Riau Online di Kecamatan Tangkerang Selatan, masih banyak sampah menumpuk di pinggir jalan raya yang berseberangan dengan fly over Jalan Jenderal Sudirman dan Harapan Raya.

Padahal di sana sudah ada spanduk bertuliskan larangan membuang sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Mirisnya, spanduk larangan membuang sampah malah rusak dan terbengkalai.

Kondisi tersebut menjadi satu gambaran masih acuhnya masyarakat terhadap larangan buang sampah sembarangan. Sementara dinas terkait juga terkesan tidak memonitor larangan-larangan yang telah dibuat.

Hal serupa juga terjadi di Jalan Ronggo Warsito, Suka Maju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Oknum warga masih buang sampah sembarangan meski sudah dibersihkan setiap harinya.

Guna menghemat biaya, warga sekitar berupaya menuliskan larangan membuang sampah sembarangan di tembok sekitar gang SMP 13 Pekanbaru.