Pertama di Indonesia, Riau Resmikan Pusat Pelayanan Publik Provinsi

Gubri-dan-staf-kemenpanrb.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Akhirnya Riau resmi memiliki Pusat Pelayanan Publik Provinsi (P4) pada Kamis, 22 Juni 2023. Lokasinya berada di Lobby Gedung Lancang Kuning Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

P4 merupakan yang pertama di Indonesia. Berdirinya P4 setelah adanya survei oleh Deputi Kemenpan-RB pada 2020 lalu. 

Hadir dalam peresmian P4 Deputi Kemenpan-RB Diah Natalisa. Diah mengatakan 10 tahun terakhir, kemajuan teknologi dan era komunikasi menjadikan manusia terkoneksi satu sama lain hingga saat ini. Hal ini juga akibat perkembangan media sosial.

Perkembangan media sosial telah banyak merubah pola hidup manusia dan komunikasi. Kemajuan ini dipandang sebagai peluang bagi penyelenggara pelayanan publik.

"Pelayanan publik merupakan cerminan kebudayaan dan karakter sebuah bangsa. Kemudian, mampu merespon secara cepat agar mampu berkembang sesuai harapan masyarakat," katanya.


Kemampuan merespon apa yang terjadi, lanjut Dyah merupakan ukuran sejauh mana pelayanan publik memberikan kesempatan atau peluang yang ada. Hal ini terkait dalam menciptakan masyarakat yang maju dan modern.

"Penyelenggara layanan publik juga mampu merespon tantangan dan ancaman yang dihadapkan dari kemajuan teknologi informasi," tegasnya.

Prinsip-prinsip dalam penyelenggaraan layanan publik seperti layanan yang sederhana. Agar dapat partisipasi aktif dari segenap stakeholder, akuntabel, transparan, dan berkeadilan.

"Ini prinsip yang relevan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Penerapannya harus dengan cara dan mekanisme yang tepat sesuai kondisi lingkungan yang saat ini harus beradaptasi dan lincah," terangnya.

Dengan adanya P4, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Modal Satu Pintu (DPMPTSP) Riau, Helmi berharap ke depan kabupaten/kota dapat mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP) untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi.

"Kami menggandeng beberapa instansi seperti BPOM, SNI, dan Jaminan Halal untuk bertempat di P4 ini dalam memberikan layanan kepada masyarakat terutama UMKM," ucapnya.