Mau Ibu-ibu Mandiri Ekonomi, Ida Yulita Susanti Gelar Pelatihan Pangkas Rambut

Ida-Yulita-Susanti11.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Ida Yulita Susanti, membuka program pelatihan UMKM yang akan diikuti oleh sekitar seribu orang peserta, Sabtu, 17 Juni 2023.

Dalam kata sambutanya, Ida menyampaikan, program ini merupakan bentuk dukungan dia terhadap kelompok perempuan. Adapun pelatihan ini terdiri dari tiga bidang, yaitu pelatihan tata boga, tata rias, dan pangkas rambut, dan akan diikuti oleh seribu lebih masyarakat dari berbagai kecamatan se-Kota Pekanbaru.

Ida mengaku sudah dari dulu menjalankan pelatihan seperti ini, dan bukan hanya saat mau Pemilu saja. Sebagai buktinya, peserta pelatihan menjahit periode lalu sudah dia berikan sertifikat dan mesin jahit.

"Saya punya impian bagaimana ibu-ibu bisa membantu ekonomi keluarga tanpa meninggalkan rumah," ujar Ida.

Ida pun menuturkan pelatihan tersebut tak memiliki batas waktu, apalagi tidak bersumber dari APBD. Ditambahkannya, semua peserta diperbolehkan mengikuti sampai memiliki skill dibuktikan dengan sertifikat. 

Lebih jauh, ilmu ini akan diberikan oleh para pakar di tingkat nasional, seperti chef dan MUA profesional dari Jakarta.


"Nanti kalau sudah pandai, kita kasih sarana dan prasarananya. Artinya kita tidak damping mendampingi, tapi kita kasih ilmu beserta alatnya," tambahnya. 

Politikus Golkar itu mengatakan, jika peserta sudah punya ilmu dan alatnya, maka diharapkan bisa menjual barang ataupun jasa itu melalui media sosial, sehingga tidak perlu menyewa tempat lagi.

 

 

Untuk pemasaran sendiri, Ida sudah mempersiapkan wadah yakni forum UMKM yang terhubung dengan jejaring nasional. Jika nantinya ada pesanan dari luar daerah, Ida telah berkomunikasi dengan perusahaan ekspedisi agar mendapatkan potongan harga.

"Semoga ibu-ibu yang akan mengikuti pelatihan diberi kemudahan dan bisa menjadikan ini sebagai sumber pendapatan keluarga, bisa untuk membantu meringankan biaya sekolah anak dan biaya rumah tangga," pungkasnya.