Penampakan Sapi Brahman untuk Kurban Presiden di Riau, Segini Bobotnya

Sapi-kurban-Jokowi-2023.jpg
(Dok Mediacenter Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Presiden Joko Widodo kembali memberikan sapi kurban Idul Adha untuk Provinsi Riau. Sapi jenis Brahman menjadi pilihan untuk sapi kurban Jokowi.

Sapi jenis Brahman merupakan satu dari empat kandidat calon sapi kurban Jokowi yang menjadi pilihan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau.

Sapi dengan bobot 906 kg tersebut dibeli dari peternak asal Indragiri Hulu, Franto Kukuh Sulahi Rio.

"Sapi kurban bantuan Presiden di Riau hasil pemeriksaan kesehatan sudah keluar dari Balai Veteriner Bukittinggi," ujar Kepala Dinas PKH Riau Herman, dikutip dari jaringan RIAU ONLINE, Suara.com, Minggu, 11 Juni 2023.

Herman mengatakan sapi peternak Franto Kukuh Sulahi Rio memenuhi syarat dijadikan kandidat sapi kurban bantuan Presiden.


"Itu sapi yang terpilih jenisnya Brahman umur 3 tahun 2 bulan seberat 906 Kg. Kondisi sapi sehat dan tidak ada catat, serta tidak ditemukan adanya gejala penyakit tentu dari hasil pemeriksaan labor," jelas Herman.

Selain itu, Dinas PKH Riau telah menyurati tim seleksi sapi kurban bantu Presiden dari pusat untuk mengecek dan nego harga dengan peternak.

"Sapi itu harga taksiran sekitar Rp100 jutaan, bisa kurang dan bisa lebh, itu nanti tergantung nego tim dari Jakarta dengan peternak. Namun kita sudah minta pemilik untuk menjaga sapi tersebut dengan baik," tegas dia.

Sebelumnya, ada 4 alternatif sapi kurban Presiden yang disiapkan Dinas PKH Riau. Keempat sapi itu diambil sampel untuk dilakukan pemeriksaan oleh Balai Veteriner (BVET) Bukittinggi.

Di antaranya sapi jenis Brahman seberat 906 Kg milik peternak Franto Kukuh Sulahi Rio asal Indragiri Hulu.

Kemudian, sapi jenis Limosin seberat 934 Kg miliki peternak Abdul Rohman asal Siak. Lalu, sapi jenis Brahman berat 662 Kg miliki peternak Abdul Rohman asal Siak.

Terakhir sapi jenis Brahman berat 809 Kg milik BUMDes Jaya Makmur Lestari asal Kampar.