KIB Diisukan Pecah dan Merapat ke Ganjar, PAN Riau: Belum Ada Arahan Pusat

Ganjar-Pranowo19.jpg
(Dok Pemprov Jawa Tengah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Isu Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan pecah dan ada pihak yang merapat ke kubu Ganjar Pranowo semakin mencuat. 

Anggota Fraksi PAN DPRD Riau, Zulfi Mursal, menuturkan persoalan Capres dan koalisi itu menjadi kewenangan pusat. Sebab itu, saat ini pihaknya hanya menerima komando, sementara daerah mengikuti apa yang diperjuangkan di pusat. 

“Kami garis lurus dengan pusat. Ini soal kepatuhan kepada kebijakan-kebijakan apa yang di pusat. Semua itu ada di DPP,” kata dia, Senin, 5 Juni 2023.

Perihal isu KIB merapat ke Ganjar, Zulfi juga mengatakan partai di daerah mengikuti arahan pusat. Ditambah lagi, katanya, saat ini belum ada keputusan dari DPP.

“Sekarang baru sekadar lobi dan pertemuan. Kalau saat ini kami masih melihat dan mengikuti perkembangan saja. Kami berharap DPP bisa mengambil keputusan yang tepat,” terang dia. 


Ia mengaku DPW PAN Riau berkomitmen mendukung sepenuhnya apa yang diputuskan DPP perihal menghadapi Pemilu 2024. 

“Kemudian kalau untuk saat ini juga belum ada dari struktur partai yang terang-terangan mendukung salah satu Capres, kalau pun ada itu personal tak secara institusi,” terangnya. 

“Jika ada institusi di daerah yang melakukan itu tentu akan dipanggil DPP dan akan dimintai keterangan berdasarKan institusi partainya,” tambah Zulfi.

Perihal isu munculnya isu yang berkembang terkait adanya permainan jualan nomor urut karena kemungkinan ada Pemilu proporsional tertutup, Zulfi mengatakan pihak partai juga menyerahkan ke institusi.

“Kami di PAN menyerahkan sepenuhnya ke DPW khusus untuk provinsi. Khusus untuk kabupaten juga diserahkan ke kabupaten yang muaranya ke DPP semua itu. Jadi dimanapun diletakkan siap melaksanakan tugas. Dan lobi melobi nomor itu di PAN tak ada,” tutupnya.