2.500 Bibit Pohon Ditanam dan Dibagikan ke Warga di CFD Pekanbaru

Bibit-pohon-dibagikan-di-CFD.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 500 dari 2.500 bibit pohon dibagikan kepada sejumlah warga di kawasan car free day (CFD) Kota Pekanbaru dalam kampanye yang mengusung tema lingkungan hidup perubahan iklim tanggung jawab bersama, Minggu, 4 Juni 2024. 

Koordinator aksi,  Fachrul Adam mengatakan kegiatan ini merupakan upaya untuk mencegah perubahan iklim dunia.

"Dari 45 lembaga ini nanti yang akan menanam di setiap organisasinya. 500 pohon dibagikan ke masyarakat. Dengan menanam pohon ini harapannya kita bisa menyumbang sedikit perubahan untuk iklim," terangnya.

Adam menjelaskan perubahan iklim ditandai dengan musim kemarau serta meningkatnya suhu yang terjadi belakangan ini.


"Kami menginginkan solusi dari Riau untuk perubahan iklim global," tegasnya yang merupakan bagian dari Komunitas Elang di Riau.

Pihaknya bahkan telah melakukan kajian peduli lingkungan, satu di antaranya landscape Semenanjung Kampar Kerumutan. Landscape ini terbentang di empat kabupaten, yakni Siak, Pelalawan, Inhu, dan Inhil, dengan luas hutan 600 ribu hektare.

"Ini adalah salah satu solusi yang kita tawarkan. Secara umum, kami mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan satu aksi nyata seperti menanam pohon misalnya," harapnya.

Adapun jenis bibit yang akan dibagikan di antaranya, pohon kelapa, nangka matoa, dan lainnya. Kegiatan ini disambut antusias warga di kawasan CFD.

"Ini langkah bagus dalam mencegah emisi karbon. Sehingga, bisa memulihkan kondisi bumi kita yang sudah cukup panas apalagi Riau," kata warga, Syarifa, yang turut mendapat pohon gratis.