Jalan Suka Karya Sudah Mulus, Parit Rusak Segera Diperbaiki

Jalan-suka-karya-usai-diperbaiki.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jalan Suka Karya kembali mulus usai pengerjaan pelapisan aspal ulang atau overlay. Ruas jalan rusak itu diaspal ulang mulai dari simpang HR Soebrantas hingga jembatan perbatasan Kota Pekanbaru-Kampar.

Pengerjaan overlay di Jalan Suka Karya mulai dari 300 meter dari simpang Jalan HR Soebrantas. Kemudian, untuk 600 meter berikutnya tidak dilakukan perbaikan lantaran 90 persen jalan dalam kondisi baik.

Selanjutnya overlay dilakukan setelah 600 meter hingga jembatan perbatasan Pekanbaru-Kampar. Dinas PUPR Kota Pekanbaru juga menargetkan revitalisasi parit rusak di kawasan tersebut.

Seperti parit Jalan Suka Karya yang berada di 300 meter pertama dari Simpang HR Soebrantas. Parit yang berada di kiri dan kanan jalan tidak berfungsi lantaran banyak sampah dan material menimbun parit.

"Perbaikan parit dan drainase juga dilakukan, ini sambil berjalan keduanya. Peningkatan kualitas aspal dan drainase dilakukan," ujar Plt Kadis PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Kamis 1 Juni 2023.

Ia khawatir jalan kembali rusak akibat parit yang tak mampu berfungsi. Ada beberapa titik parit harus dibongkar dan beberapa parit yang bakal dipasang briker lagi agar bisa berfungsi dengan baik.


Pria disapa Edu menambahkan bahwa total ada lima titik parit besar yang kondisinya bermasalah. Ia menyebut permasalahan itu di antaranya volume parit dengan air yang masuk tidak sama.

Kemudian ada parit yang kondisinya patah sehingga tidak tersambung ke parit yang tersambung ke drainase besar. Volume parit yang tidak sama dengan besaran dari ujung ke ujung.

Dirinya mengatakan besaran parit ada yang lebar 50 cm, 70 cm, satu meter hingga dua meter. Kondisi ini menjadi kendala dalam perbaikan parit sehingga harus dirapikan kembali lewat koordinasi dengan bidang sumber daya air.

"Untuk progres Jalan Suka Karya, kita sudah melakukan perbaikan di beberapa titik parit yang tersumbat. Dengan cara pembersihan sedimen dan pembongkaran parit," paparnya

Lanjutan, parit Jalan Suka Karya akan diperbaiki dan dicuci setelah base dipasang. Menurutnya, jika parit diperbaiki sebelum base, maka material base akan kembali turun ke parit, sehingga terjadi penimbunan kembali.

"Karena itu, parit itu kita cuci, perbaiki setelah base. Kalau sebelum base, nanti masuk lagi sisa base nya ke parit," jelasnya.