Rohul dan Kuansing Nihil Karhutla, Kebakaran Hutan Tertinggi Terjadi di Bengkalis

Karhutla-di-dumai1.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dan Kuantan Singingi (Kuansing) menjadi dua daerah di Provinsi Riau yang nihil kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla).  Sementara kasus karhutla tertinggi ditemukan di Kabupaten Bengkalis.

"Untuk Kabupaten Rokan Hulu dan Kuantan Singingi (Kuansing) alhamdulillah masih nihil karhutla. Sementara, Kabupaten Bengkalis sumbang karhutla di Riau," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Senin, 22 Mei 2023.

Menurut data BPDB Riau per tanggal 20 Mei 2023, karhutla telah menghanguskan 430.58 hektare lahan dan hutan di Bumi Lancang Kuning. 

Di Bengkalis, luasan karhutla terjadi  mencapai 175.46 hektare. Sedangkan di Kota Dumai yang menyumbang angka kasus karhutla kedua tertinggi di Riau terdapat 98.97 ha lahan yang hangus terbakar.

Ketiga yakni Indragiri Hilir mencapai 43.50 ha, Rokan Hilir 38 ha. Lalu, di Pelalawan 31.18 ha.


"Sementara untuk karhutla di Pekanbaru yakni 10.18 ha, Meranti 9.75 ha, Kampar 7.32 ha, dan Indragiri Hulu 2.15 ha," katanya.

Edy mengatakan BPBD Riau telah melakukan patroli melalui udara dan melakukan water bombing untuk mencegah meluasnya kasus karhutla. 

"Patroli terus dilakukan. Kami juga berkoordinasi dengan tim yang di lapangan," paparnya.

Sementara itu, el nino lemah yang diprediksi akan melanda Riau tahun ini akan musim kemarau di Bumi Lancang Kuning semakin kering. Hal ini ditandai dengan peningkatan suhu udara yang mencapai 35.7 derajat celcius beberapa waktu lalu.

Sehingga, karhutla yang biasa terjadi di musim kemarau harus diantisipasi semua pihak, termasuk masyarakat.