Mahfud MD Bongkar Penyebab Terbongkarnya Kesalahan Tata Kelola Pemerintahan

Mahfud-MD-di-Riau.jpg
(Dok. Diskominfo Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau kedatangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN), Rabu, 17 Mei 2023.

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD menegaskan tentang pentingnya keterbukaan informasi di era digital.

"Kadang kala kesalahan tata kelola pemerintahan itu bisa terbongkar karena informasi publik yang tidak diperoleh secara resmi. Tetapi masyarakat bisa memperolehnya. Sebab, informasi bisa bocor dari mana saja," tegasnya.

Di era digital ini, demokrasi yang perlu disadari yakni informasi publik. Katanya, menjadi bagian dari hak asasi yang dilindungi oleh konstitusi.


"Kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mempromosikan keterbukaan informasi saya mengucapkan terima kasih yang tulus. Namun, kita harus menyadari masih banyak pekerjaan yang harus terus dilakukan," ucapnya.

Dilanjutkan pria yang mengenakan seragam batik itu bahwa keterbukaan informasi juga bagian dari integral dan budaya serta praktik di dalam pemerintahan.

 "Semua pihak harus berupaya meningkatkan akses keterbukaan informasi," harapnya.

Adanya HAKIN ini, menurutnya, untuk mendorong perubahan yang lebih positif dalam tata kelola pemerintahan. Selain itu, untuk memperkuat kerangka hukum dan regulasi yang mendukung keterbukaan informasi.