Edan, Suhu di Riau Mencapai 35,7 Derajat Celcius hingga 2 Hari ke Depan

Suhu-Panas.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Akhir-akhir ini cuaca di Riau terasa begitu panas. Prediksi BMKG pada 2023 yakni Riau bakal dilanda musim kemarau kering. Dimana musim kemarau telah dimulai sejak Februari 2023 disebagian besar wilayah pesisir Bumi Lancang Kuning.

 

Kepala BMKG Riau Ramlan menyebut, suhu panas di Riau pun bukan tanpa alasan. Katanya, pada kemarin Selasa, 9 Februari 2023 suhu di Riau memang meningkat dibanding sebelumnya.

 

"Suhu di Riau mencapai 35,7 derajat celcius dan akan normal kembali dua hari ke depan," ungkapnya.

 

Suhu panas tidak hanya ada di Riau, hal ini juga terjadi di Pulau Sumatera seperti Kepulauan Riau dan Medan. Meski telah mencapai 35.7 derajat celcius namun menurutnya belum masuk kategori ekstrem yang mencapai 38 derajat celcius.

 

"Pada saat tertentu udara panas ini akan terjadi pagi dan siang hari. Namun, suhu maksimum itu terjadi pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB," urainya.

 


Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai naiknua suhu udara di Riau karena belum ekstrem. "Ini karena suhu di Riau biasanya paling tinggi 33 sampai 35 derajat celcius. Jadi masyarakat kaget. Panasnya udara ini sebenarnya juga hampir menyeluruh di wilayah Indonesia," ujarnya.

 

 

 

Mengingat, musim kemarau kering akan melanda seluruh Bumi Lancang Kering yang dipresiksi pada Juni mendatang, diharapakan Ramlan, agar masyarakat tidak membakar lahan pada musim kemarau. Jika ada titik api katanya agar secara melakukan penanganan dengan memadamkan sumber api. Hal tersebut, bisa dengan bantuan langsung tim dari BPBD.

 

"Adanya kemarau kering juga diharapkan tidak terjadi kekeringan air di wilayah Riau," harapnya.