Karutan Pekanbaru dan Ratusan Pegawai Rutan Tes Urine di Sialang Bungkuk

karutan-saat-tes-urine.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas I Pekanbaru, Erwin Siregar dan ratusan pegawai melaksanakan kegiatan tes urine di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Senin, 8 Mei 2023.

Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia dan sebagai bentuk pengawasan kepada UPT masing-masing terkait adanya indikasi dalam penggunaan narkoba. 

"Harapan kita, dapat mendeteksi secara dini siapa saja petugas yang terindikasi positif dan siapa yang tidak," sebut Karutan, Erwin Siregar. 

Erwin Siregar menjelaskan sebelum ratusan pegawai rutan dites urine, dirinya ingin dites terlebih dahulu dan disaksikan petugas BNN Provinsi Riau. 

"Ini sebagai bukti bahwa Atasan hingga bawahan tidak takut dilakukan tes urine oleh petugas BNN," tegas Erwin sambil disambut riuhan tepuk tangan pegawai Rutan. 


"Selain itu, ini bentuk pembuktian jajaran Kanwil Kemenkumham Bebas dari narkoba," pungkasnya. 

Di tempat yang sama, Kabid Keamanan Kanwil Kemenkumham Riau, Subakdo Wulandoro, mengatakan kegiatan ini sangat didukung oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham Riau). 

"Kegiatan ini merupakan deteksi dini sebagai awal bentuk pencegahan. Agar petugas tidak terlibat," ujar Subakdo. 

Subakdo menegaskan kegiatan ini merupakan bentuk integritas jajaran Kanwil Kemenkumham dan terbuka kepada masyarakat agar tidak main-main dengan narkoba.