Puskesmas Buka 24 Jam, Dinkes Riau Minta Petugas Kesehatan Siaga untuk Pemudik

Ilustrasi-Puskesmas1.jpg
(Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau telah membuat surat edaran kesiapan menghadapi Ramadan dan hari raya Idul Fitri tahun 2023/1444 H untuk Puskesmas.

Dalam surat no. 451/Dinkes.4.2/1191 pada 10 April 2023 lalu yang ditujukan kepala dinas kesehatan di 12 kabupaten/kota itu berisikan imbauan kepada Puskesmas untuk tetap buka 24 jam saat H-7 dan H+7 Idul Fitri.

Dinkes Riau meminta Puskesmas untuk tetap standby saat lebaran untuk mengantisipasi dalam bidang kesehatan saat arus mudik dan balik, serta wisata.

Langkah tersebut diambil Dinkes Riau dalam bidang kesehatan untuk antisipasi mudik, balik, dan wisata. Hal itu disampaikan langsung oleh 

"Tema mudik kali ini yakni mudik aman sehat dan selamat. Dengan begitu dinkes pun turut mendorong kesiapan dan kesiagaan fasilitas pelayanan kesehatan dan publik safety service (PSC) 119 pada libur keagamaan tahun 2023 pada jalur mudik, balik, dan wisata berkoordinasi lintas sektor terkait," kata Kadinkes Zainal Arifin melalui Kabid SDK dan Kefarmasian, Elly Hayati Nur, yang didampingi Kabid Kesmas, Yaneliza, saat konferensi pers di Kantor Dinkes Riau lantai 1, Jumat, 14 April 2023.


Petugas kesehatan akan bersiaga di Puskesmas dan di Posko Kesehatan. Selain SDM, sarana dan prasarana, serta obat-obatan juga harus dipersiapkan oleh Puskesmas.

"Menyediakan ambulans di setiap jalur mudik yang rawan kecelakaan, termasuk di perbatasan antar kabupaten/kota dan antar provinsi, pelabuhan, bandara, terminal dan pintu exit TOL," ujarnya.

Nantinya, akan ada dua atau tiga petugas kesehatan yang berada di posko. Para petugas kesehatan akan berjaga 24 jam dengan sistem shift. Pemudik pun bisa memeriksakan kesehatan selama perjalanan secara gratis. 

"Selain itu mendorong kabupaten/kota untuk memberikan vaksin COVID-19 sesuai ketersediaan vaksin kepada masyarakat yang membutuhkan. Namun, untuk pelayanan vaksin pada lebaran hari pertama dan kedua, tutup. Dibuka kembali setelah itu," ungkapnya.