Dioper dari Aceh, Pengungsi Rohingya di Pekanbaru Bakal Bertambah

Indra-Pomi17.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan pengungsi Rohingya bakal dipindahkan dari Aceh untuk tinggal sementara di Kota Pekanbaru pada awal April 2023. Total jumlah pengungsi Rohingya yang bakal pindah dari Aceh ini mencapai 152 orang.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum mengambil sikap soal rencana kedatangan pengungsi Rohingya. Apalagi jumlah pengungsi Rohingya di Kota Pekanbaru bakal bertambah seiring rencana pemindahan pengungsi.

Hal tersebut menjadi bahasan dalam Rapat Forkopimda di Mapolresta Pekanbaru, Senin 27 Maret 2023. Pemerintah kota berencana melakukan rapat lanjutan terkait pemindahan para pengungsi tersebut.

"Bagaimana teknis pemindahan para pengungsi masih rapatkan. Mudah-mudahan ada jalan keluar antara kita dengan pemerintah pusat," jelas Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.


Dirinya menyebut, persiapan tetap dilakukan dengan menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi selama berada di Pekanbaru. Ia berharap para pengungsi nantinya tidak menimbulkan permasalahan sosial di tengah masyarakat.

"Sehingga perlu penegakan tata tertib dari mereka yang ada di Pekanbaru. Kita bakal rapat lanjutan dan koordinasi dengan UNHCR dan IOM terkait rencana pemindahan ini," paparnya.

Pemerintah kota sudah menerima surat dan Menkopolhukam RI terkait pemindahan pengungsi Rohingya ke Pekanbaru dan Medan. Ia menyebut rencana ini mendapat beragam tanggapan dari sejumlah pihak.

Pengungsi Rohingya terakhir datang ke Pekanbaru pada pertengahan Mei 2022. Saat itu, total ada 119 orang pengungsi asal Rohingya yang dipindahkan ke Pekanbaru dari Aceh.