Perlindungan Hak Anak Jadi Upaya Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Ilustrasi-anak-Riau.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemenuhan dan perlindungan hak anak menjadi poin penting terciptanya komunikasi harmonis antar anggota keluarga dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pelayanan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA) pun diminta agar terus menjalankan program kerja. 

Hal ini dipertegas oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan, Tengku Fauzan Tambusai. Dia menyebut cita-cita memakmurkan dan kesejahteraan segenap tumpah darah Indonesia dapat diwujudkan pada generasi penerus bangsa ini di masa yang akan datang dengan cara memenuhi dan melindungi hak anak.

"Pada era otonomi daerah perlindungan anak merupakan bagian dari upaya untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan pemberdayaan. Peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi pemerataan keadilan keistimewaan dan kekhususan suatu daerah dalam sistem negara Republik Indonesia," katanya.

Dengan begitu, kata dia, tantangan perlindungan anak dalam perspektif geopolitik pembangunan dapat terjawab. Selain itu, menurutnya sebuah daerah pemerintahan harus mampu memberikan jaminan perlindungan dan pemenuhan kebutuhan serta hak dasar anak secara komprehensif dalam suatu sistem pembangunan berkelanjutan yang berlandaskan kepentingan terbaik bagi masyarakat.


"Melalui pertemuan koordinasi yang baik ini dapat menjadi wahana saran dan diskusi terkait pengembangan Kota Layak Anak. Evaluasi pun perlu agar menjadi lebih baik ke depannya," ujarnya.

Hal-hal lain yang harus ditingkatkan, sebut Fauzan saat menghadiri Teknis Percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak Se-Provinsi Riau Tahun 2023, seperti sinergi antara pemangku kepentingan yang berintegrasi dan terkoordinasi secara baik. Untuk itu saya berharap melalui momentum yang baik ini  seluruh kabupaten kota yang ada di provinsi Riau dapat terealisasi dengan tetap mengedepankan kekayaan khasanah budaya. 

"Dari pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota siap memberikan dukungan total lebih terpenuhi dan terlindunginya hak-hak anak di provinsi Riau," tutupnya.