Mulai Dibangun, Muflihun Janji Kios Sementara Pasar Cik Puan Tampil Menarik

Pembangunan-kios-sementara-cik-puan2.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Proses pembangunan kios sementara di Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru sudah bergulir. Pemerintah kota bersama tim dari unsur TNI dalam menyelesaikan pembangunan kios sementara ini.

 

Ada sekitar 220 kios yang bakal dibangun di area bekas kebakaran. Kawasan tersebut sudah dibersihkan dan segala material untuk pembangunan kios sudah sampai di lokasi, Minggu 12 Maret 2023.

 

Material kios sementara bagi pedagang mayoritas berbahan kayu dan GRC. Sedangkan bagian atas dengan rangka berupa baja ringan dan atap berbahan seng.

 

"Konstruksinya kayu ya dan GRC, posisinya juga beda. Kalau dulu memanjang ke belakang, sekarang ke samping, tatananya lebih bagus dan enak dilihat," ujar Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Selasa 14 Maret 2023.


 

Pemerintah kota juga menata aliran parit di Pasar Cik Puan. Ia menyebut selama ini saluran parit di pasar itu tersumbat sehingga saat hujan kawasan itu becek.

 

Muflihun menyebut lantai kios sementara ini juga ditinggikan agar lebih rata. Pembeli pun lebih nyaman ketika berbelanja di pasar tersebut.

 

 

Rencana pembangunannya berlangsung selama dua pekan. Anggaran pembangunan kios sementara ini bersumber dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) APBD Kota Pekanbaru sebesar Rp 2,6 miliar. 

 

Muflihun berharap kios sementara ini bisa tuntas pada awal Ramadan 1444 H. "Sehingga di awal puasa, para pedagang bisa kembali berjualan," paparnya.