Karmila Sari Dorong Pemerintah Buka Jalan Sinaboi-Dumai

RDP-DPRD-Provinsi-Riau2.jpg
(Humas DPRD Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Dapil Rokan Hilir (Rohil), Karmila Sari, mengaku masyarakat meminta pembukaan jalan dari Sinaboi ke Dumai.

Menurutnya, memang setiap tahun masyarakat mengeluhkan soal jalan. Namun, kata Karmila, sampai sekarang masyarakat belum memahami mana wilayah provinsi dan kabupaten/kota. 

"Dominan yang banyak masalah soal jalan di wilayah kabupaten. Kami sudah sampaikan sekiranya ada kekurangan dana bupati, silakan bersurat ke gubernur untuk bisa dilakukan bantuan," ujarnya, Selasa, 14 Maret 2023.

Ia menuturkan, masyarakat mengharapkan akses jalan Sinaboi ke Dumai ini diharapkan masyarakat aksesnya terbuka luas. 

"Karena selama ini tak bisa lewat, harus ke luar dulu lewat Bagan. Ini harusnya jadi sorotan Pemda dan pemerintah pusat," katanya.


Menurut dia, harus ada alternatif jalan di Rohil karena dataran rendah bisa saja adanya bencana. Sehingga diperlukan alternatif jalan misalnya Sinaboi ke Dumai yang memiliki dua jalan. 

"Apalagi warga kita kebanyakan bertani sawit kalau dijualnya ke Rohil saja tak ada alternatif lain susah untuk pertumbuhan ekonomi. Begitu juga pendidikan, bisa alternatif untuk sekolah ke Dumai mengingat makin ke sini Dumai makin berkembang terlihat dari jumlah penduduk sudah naik," tuturnya.

Peluang seperti itu, terang Karmila, harusnya dilihat dengan cepat oleh Pemda dan pemerintah pusat. Tambahnya  jika diabaikan maka yang kasihan masyarakatnya.

"Kemarin ada informasi dari gubernur ada beberapa ruas jalan bekerjasama dengan pusat. Itu proyek inpres. Yang rata-rata pembangunan jalannya antar daerah puluhan kilo. Kalau pertahun dibangun hanya tiga kilo, kapan selesainya," kata dia.

"Belum lagi banyak mobil-mobil bertonase dan jalan rusak. Jadi fungsional jalan itu bagaimana, kapan idealnya. Tak maksimal. Kita di sini tak hanya memikirkan singkat waktu, tapi multiefeknya di sektor ekonomi khususnya," pungkas Karmila. (Adv DPRD Riau)