PNS Pindah ke IKN Bakal Diguyur Banyak Tunjangan: Biaya Anak hingga ART

ASN.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monarfa, menjamin kebutuhan PNS yang pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Negara bahkan akan membiayai kebutuhan anak hingga asisten rumah tangga (ART) ASN.

Suharso menjelaskan PNS yang ditugaskan untuk pindah ke IKN tidak perlu risau memikirkan segala pembiayaan. Pemerintah akan menanggung biaya mulai dari pemindahaan, anak, hingga ART.

"Dalam proses pemindahan, bukan hanya ASN yang akan ditanggung pemerintah. Pemerintah juga akan menanggung pasangan ASN, 2 orang anak dan 1 orang asisten rumah tangga," ujarnya melalui akun Instagram pribadinya, @suharsomonoarfa, sebagaimana dikutip dari Suara.com, Minggu, 26 Februari 2023.

Tak hanya itu, pemerintah juga akan membiayai sejumlah komponen selama proses pemindahan para PNS, TNI dan Polri ke IKN. Mulai dari uang harian selama proses pemindahan, biaya pengepakan dan angkut barang, akan dijamin pemerintah.


"Termasuk biaya transportasi hingga biaya tunggu atau penginapan selama transit di Balikpapan," imbuhnya.

Berbagai tunjangan juga dipersiapkan untuk para PNS, TNI dan Polri. Mulai dari tunjangan kemahalan, biaya pindah sesuai aturan dan flexible facility arrangement yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing PNS.

Pemerintah rencananya akan membangun hunian khusus ASN, Polri dan TNI. Hunian ini ditempatkan di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP).

"Total ada 16.990 personil yang akan pindah. Personil ini akan ditempatkan di 211 tower apartemen dengan kapasitas 11.619 unit," ungkapnya.